Apa Yang Dimaksud Asuransi Mobil Pengganti?

asuransi mobil pengganti

Pasti kamu pernah ditawari asuransi mobil dengan layanan asuransi mobil pengganti. Lalu apa sih yang dimaksud dengan asuransi mobil pengganti? Dan apakah kita akan mendapatkan mobil baru ketika mobil mengalami kerusakan atau bagaimana? Yuk sima ulasan lengkap tentang asuransi mobil pengganti di bawah ini.

Setiap perusahaan asuransi memiliki layanan yang berbeda-beda, dan salah satu yang membuat perbedaan yaitu adanya layanan asuransi mobil pengganti. Pastinya layanan asuransi ini banyak yang orang awam tidak paham maksudnya seperti apa.

Apa Yang Dimaksud Asuransi Mobil Pengganti?

Asuransi mobil pengganti adalah salah satu fasilitas yang akan membuat calon nasabah tertarik untuk membeli asuransi.

Asuransi mobil pengganti yang dimaksudkan disini adalah nasabah pemegang polis asuransi saat mengajukan klaim bisa mendapatkan mobil pengganti, ketika mobil mengalami kerusakan dan harus menginap di bengkel selama beberapa hari.

Jadi nasabah bisa tetap menggunakan mobil  yang diberikan pihak asuransi, walaupun mobil sedang diperbaiki di bengkel. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan asuransi memberikan layanan ini.

Sehingga untuk memastikan apakah perusahaan asuransi yang ingin kamu beli memiliki layanan asuransi mobil pengganti. Kamu bisa melihatnya di polis asuransi yang ditawarkan pihak asuransi.

Tetapi penggunaan mobil pengganti dari pihak asuransi tidak bisa digunakan semau kita sendiri. Karena mobil pengganti memiliki batas waktu penggunaan. Umumnya batas waktu penggunaan mobil pengganti dari pihak asuransi adalah 5×24 jam.

Sehingga jika kamu menggunakan mobil pengganti dari pihak asuransi lebih dari 5 hari, akan dikenakan biaya tambahan. Karena akan dihitung sebagai biaya sewa mobil.

Daftar Perusahaan Asuransi Dengan Asuransi Mobil Pengganti

Jika kamu tertarik dengan layanan ini, kamu bisa memilih salah satu rekomendasi perusahaan asuransi yang memiliki layanan asuransi mobil pengganti di dalam polis asuransinya, seperti :

1. PT Asuransi Central Asia (ACA)

Rekomendasi perusahaan asuransi yang menyediakan layanan mobil pengganti adalah Asuransi ACA. PT. Asuransi Central Asia (ACA) memberikan perlindungan jaminan kerusakan total dan kehilangan kendaraan dengan layanan dan manfaat yang sangat lengkap.

Selain itu, PT. Asuransi Central Asia (ACA) juga menawarkan layanan unggulan mereka seperti layanan mobil pengganti maksimal 5×24 jam, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, emergency service, proteksi terhadap bencana alam dan layanan unggulan lainnya.

2. PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI)

Selanjutnya ada PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) yang juga memberikan layanan mobil pengganti kepada nasabahnya. Asuransi Zurich memiliki 2 produk unggulan yaitu asuransi TLO dan all risk.

Kedua produk asuransi dari Zurich Indonesia tersebut memiliki layanan unggulan seperti layanan derek 24 jam, layanan ambulance, dan bantuan darurat 24 jam.

3. PT Asuransi MSIG Indonesia

Rekomendasi perusahaan asuransi yang menawarkan layanan mobil pengganti selanjutnya adalah PT Asuransi MSIG Indonesia. Asuransi MSIG menawarkan premi asuransi mobil yang sangat terjangkau dengan harga premi mulai dari 45 ribu untuk asuransi all risk dan mulai dari Rp 275 ribu.

Cara Klaim Asuransi Mobil Pengganti

Setelah kamu memilih salah satu perusahaan asuransi yang memiliki layanan asuransi mobil pengganti. Saat ingin mengajukan klaim, kamu bisa menerapkan cara klaim asuransi mobil pengganti dengan langkah berikut :

1. Catat Nomor Klaim

Setelah kamu mengalami kecelakaan dan mobil mengalami kerusakan, maka kamu akan segera melakukan klaim asuransi. Dan setelah kamu mengajukan klaim asuransi kami akan mendapatkan nomor klaim dari pihak asuransi.

Nomor klaim ini sebaiknya kamu catat baik dan disimpan. Karena nomor klaim ini nantinya akan kamu gunakan untuk klaim mobil pengganti ke pihak asuransi.

2. Lama Mobil Diperbaiki Di Bengkel

Setelah klaim disetujui, maka kamu akan diarahkan untuk menuju ke bengkel rekanan agar mobil diperbaiki. Setelah sampai di bengkel dan dilakukan pengecekan kerusakan. Kamu harus tanyakan ke pihak bengkel apakah mobil harus ditinggal atau menginap di bengkel untuk diperbaiki.

Setelah kamu mengetahui estimasi waktu perbaikan, kamu bisa mengajukan mobil pengganti ke pihak asuransi. Tetapi kamu untuk mengajukannya kamu harus mengetahui prosedur dan syaratnya.

3. Prosedur dan Syarat Mendapatkan Mobil Pengganti

Setelah kamu mengetahui estimasi waktu perbaikan mobil, maka kamu harus segera mengkonfirmasikan ke pihak asuransi dengan menunjukan nomor klaim. Setelah itu, pihak asuransi akan mengkonfirmasi ulang ke pihak bengkel rekanan apakah estimasi waktu perbaikan sesuai dengan yang dijelaskan nasabah.

Setelah terkonfirmasi, pihak asuransi akan memberikan mobil pengganti ketika mobil kamu harus ditinggal di bengkel selama beberapa hari.

Pihak asuransi akan mengirimkan mobil ke lokasi bengkel tempat kamu memperbaiki mobil. Dan perlu diingat, bahwa estimasi penggunaan mobil pengganti dari pihak asuransi umumnya maksimal adalah 5×24 jam. Sehingga jika sudah lebih dari waktu tersebut, segera kamu kembalikan mobil pengganti ke pihak asuransi agar kamu tidak dikenakan denda sewa penggunaan mobil pengganti.

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap tentang pengertian asuransi mobil pengganti dan beberapa informasi lainnya.