Apakah Membayar Asuransi Mobil Per Bulan?

apakah membayar asuransi mobil per bulanMungkin banyak orang awan yang baru ingin membeli asuransi kebingungan dan memiliki pertanyaan tentang apakah membayar asuransi mobil per bulan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

Ketika saat ini mobil bukan lagi menjadi barang mewah dan menjadi sebuah kebutuhan primer untuk sebagaian orang. Tetapi perlu pemilik mobil ketahui, bahwa saat memiliki mobil sebaiknya kamu juga harus memikirkan pembelian asuransi.

Karena pembelian asuransi akan sangat penting untuk menghindari kerugian yang terjadi akibat kecelakaan yang menyebabkan kerusakan mobil. Selain itu, dengan membeli asuransi mobil, saat mobil hilang kamu juga lebih tentang karena ada jaminan risiko kehilangan yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Apakah saat ini kamu sedang ingin membeli asuransi mobil? Dan ketika kamu tertarik pastinya ada pertanyaan tentang apakah membayar asuransi mobil per bulan?

Di Indonesia sekarang ini telah banyak penyedia asuransi mobil dengan banyak pilihan produk asuransi yang beragam. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa umumnya pembelian atau pembayaran premi asuransi mobil tidak perbulan.

Melainkan pembayaran adalah per periode sesuai masa berlaku polis yaitu per satu periode atau per tahun. Sehingga saat kamu ingin membeli asuransi kamu harus membayarkan per satu periode atau satu tahun.

Lalu apakah ada asuransi mobil per bulan? Jawabannya akan kami jelaskan di bawah ini secara lengkap.

Apakah Ada Asuransi Mobil per Bulan?

Saat kamu membeli mobil baru atau bekas, sebaiknya kamu harus langsung membelikan asuransi mobil. Tetapi apakah ada asuransi mobil per bulan?

Untuk saat ini tidak ada perusahaan asuransi yang memberikan penawaran asuransi dengan sistem pembayaran asuransi per bulan. Jadi saat membeli asuransi mobil kamu harus membayarkan per satu periode atau satu tahun sekaligus.

Jadi membuat banyak pemilik mobil berpikir kembali apakah asuransi mobil benar-benar dibutuhkan atau tidak. Karena pengeluaran pembayaran premi asuransi tahunan bagi sebagian orang terasa memberatkan.

Teapi akhir-akhir ini ada banyak perusahaan asuransi membuat inovasi baru saat pandemi berlangsung. Untuk menarik minat pemilik mobil untuk membeli asuransi mobil, ada beberapa perusahaan asuransi mobil memberikan layanan asuransi mobil per bulan.

Sehingga pemilik mobil bisa mendapatkan jaminan dan perlindungan risiko dari kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada mobil, kebakaran, bencana alam ataupun kehilangan mobil dengan premi yang lebih murah. Karena premi asuransi mobil bisa dibayarkan secara cicilan atau bulanan.

Walaupun asuransi mobil per bulan bisa kamu beli, tetapi dalam memilih perusahaan asuransi. Ada baiknya kamu harus memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan terbaik. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat manfaat yang ditawarkan, apakah cara dan proses klaim mudah, dan apakah perusahaan asuransi memiliki banyak bengkel rekanan atau tidak.

Jika faktor tersebut dipenuhi oleh perusahaan asuransi, maka kamu bisa memilih perusahaan asuransi tersebut.

Biaya Premi Asuransi Mobil Per Bulan

Setelah kamu mengetahui bahwa sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang memiliki layanan asuranasi mobil per bulan. Pastinya kamu ada pertanyaan lagi tentang berapa biaya premi asuransi mobil per bulan?

Untuk mengetahui biaya premi asuransi mobil per bulan, kamu bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang cara hitung asuransi mobil. Dalam postingan tersebut telah kami jelaskan bagaimana cara menghitung asuransi mobil berdasarkan acuan dari surat edaran dari OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Karena setiap perusahaan asuransi menawarkan premi dengan cara hitung dari persentase di surat edaran dari OJK tersebut tentang pentuan dasar premi asuransi mobil minimal dan maksimal yang diperbolehkan untuk ditawarkan kepada nasabah.

Secara umum, saat kamu ingin membeli asuransi mobil dengan jenis asuransi mobil all risk, asuransi mobil per bulannya mulai dari Rp 250 ribu. Semakin mahal harga mobil yang kamu miliki maka akan semakin besar premi asuransi all risk yang harus kamu bayarkan.

Untuk biaya premi asuransi mobil per bulan jenis Total Loss Only (TLO) secara umum preminya mulai dari Rp 30 ribu per bulan. Sama seperti asuransi all risk, asuransi TLO juga ditentukan dari harga mobil. Semakin mahal harga mobil maka premi asuransi mobil per bulannya juga semakin mahal.

Agar kamu bisa lebih mengetahui biaya premi mobil per bulan dari setiap perusahaan asuransi. Kamu bisa kunjungi website resmi dari perusahaan asuransi, bertanya pada agen asuransi atau datang langsung ke kantor asuransi mobil yang ingin kamu beli. Sehingga kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang biaya premi asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Saat kamu memilih perusahaan asuransi untuk dibeli, umumnya perusahaan asuransi di Indonesia akan menawarkan 2 produk asuransi. Yaitu asuransi all risk/gabungan/comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Kedua jenis asuransi mobil ini memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling jelas adalah dari premi asuransi yang harus kamu bayarkan. Untuk asuransi mobil all risk atau comprehensive biasanya akan lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Perbedaan lainnya adalah dari manfaat yang akan kamu dapatkan. Asuransi All Risk atau comprehensive akan memberikan kamu perlindungan jaminan perbaikan mobil dengan kerusakan kecil, kerusakan parah dan kehilangan mobil akibat dicuri.

Sedangkan untuk asuransi Total Loss Only hanya akan memberikan perlindungan dan perbaikan mobil saat mobil mengalami kerusakan lebih dari 75% dan kehilangan kendaraan saja. Jadi jika mobil rusak tidak lebih dari 75% atau mengalami kerusakan ringan, pihak asuransi tidak akan memberikan jaminan perbaikan.