Cara Daftar Asuransi Mobil

Cara Daftar Asuransi Mobil Yang Wajib Diketahui

Untuk orang yang baru pertama kali membeli asuransi pastinya akan merasa bingung dan tidak tahu bagaimana cara daftar asuransi mobil. Karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi ringkas tentang cara daftar asuransi mobil.

Mobil merupakan aset berharga bagi banyak orang, karena memiliki harga yang mahal, tetapi saat mobil digunakan bisa mengakibatkan banyak risiko terjadi pada mobil. Oleh karena itu, saat membeli mobil, kita sering disarankan untuk membeli asuransi mobil.

Mungkin tampak mahal pada awal kamu mengenal asuransi mobil. Tetapi pada kenyataannya, nilai ganti rugi yang diberikan asuransi mobil kepada pelanggan sangat besar. Terutama jika hal tidak diinginkan seperti kecelakaan atau tabrakan terjadi ataupun saat mobil hilang dicuri.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin memberikan perlindungan terbaik untuk mobil yang kamu miliki saat ini. Disini kami akan membantu kamu untuk mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, tips memilih asuransi mobil dan cara daftar asuransi mobil.

Jenis Asuransi Mobil Yang Bisa Kamu Beli

Sebelum membahas tentang cara daftar asuransi mobil, kamu harus mengetahui jenis-jenis asuransi mobil yang bisa kamu beli. Di Indonesia umumnya asuransi mobil terdiri dari 2 jenis asuransi, yaitu :

Asuransi All Risk/Comprehensive/Gabungan

Asuransi All Risk/Comprehensive/Gabungan merupakan salah satu jenis asuransi yang bisa kamu beli di perusahaan asuransi. Ini adalah jenis asuransi yang paling lengkap dibandingkan jenis asuransi lainnya. Karena ketika kamu membeli asuransi ini, kamu akan mendapatkan perlindungan yang lengkap.

Kamu akan mendapatkan ganti rugi atau perbaikan kendaraan saat mengalami kecelakaan atau tabrakan dengan kondisi mobil mengalami kerusakan ringan ataupun parah/total. Selain itu, ada juga pihak asuransi yang memberikan tambahan perlindungan asuransi tambahan di dalamnya berupa asuransi kehilangan/pencurian, perlindungan hukum terhadap pihak ketiga dan bencana alam.

Tetapi dari segi premi asuransi, Asuransi All Risk/Comprehensive/Gabungan memiliki premi yang lebih mahal. Karena premi asuransi Asuransi All Risk/Comprehensive/Gabungan mulai dari Rp 200 ribu per bulan, atau per tahun Rp 2,4 juta.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi total loss only atau asuransi TLO merupakan jenis asuransi yang menawarkan premi yang murah. Berbeda jauh dengan premi asuransi all risk, karena premi asuransi mobil TLO bisa mulai dari Rp 35 ribu per bulan atau sekitar Rp 420 ribu per tahun.

Tetapi dengan harga premi asuransi yang lebih murah, kamu tentunya juga akan mendapatkan perlindungan asuransi yang tidak lengkap. Karena sesuai namanya total loss only, maka pihak asuransi hanya akan memberikan jaminan ganti rugi atau perbaikan saat kendaraan mengalami kerusakan total. Atau kerusakan mobil yang dialami harus lebih dari 75% atau rusak total tidak bisa digunakan sama sekali atau mobil hilang dicuri.

Jika kerusakan yang dialami hanya ringan atau kurang dari 75% dari harga mobil, maka pihak asuransi tidak akan memberikan jaminan ganti rugi maupun perbaikan.

Tips Membeli Asuransi Mobil Terbaik

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia, selanjutnya sebelum mengetahui cara daftar asuransi mobil. Kamu harus mengetahui tentang tips membeli asuransi mobil terbaik berikut ini :

1. Cara Perusahaan Asuransi Yang Terpercaya

Pastikan kamu membeli asuransi mobil dari perusahaan asuransi terpercaya dan berpengalaman. Dan cara paling mudah untuk mendapatkan perusahaan asuransi terbaik adalah cari perusahaan asuransi yang terkenal dan kamu pernah mendengar nama perusahaan asuransi tersebut.

Setelah itu, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki produk atau jenis asuransi yang kamu butuhkan. Kamu juga harus mencari perusahaan asuransi yang memberikan proses klaim mudah dan cepat.

2. Pilih Jenis Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Setelah itu, tips selanjutnya adalah kamu harus memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jadi kamu bisa memilih apakah mobil kamu miliki akan lebih cocok menggunakan asuransi all risk atau menggunakan asuransi TLO.

Dan pastikan saat memilih jenis asuransi kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Agar setelah membeli asuransi kamu tidak akan mengalami gagal bayar atau tidak bisa perpanjang polis asuransi.

3. Cari Perusahaan Asuransi Dengan Fitur dan Layanan Lengkap

Saat memilih perusahaan asuransi terbaik, kamu harus mencari perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam, ada layanan perluasan jaminan asuransi, ada fasilitas darurat gratis seperti gratis derek, gratis biaya ambulan, dan fasilitas dan layanan bermanfaat lainnya.

Cara Daftar Asuransi Mobil

Jika kamu bingung untuk cara daftar asuransi mobil, maka kamu bisa menerapkan 2 metode yaitu daftar asuransi mobil offline atau online.

Jika kamu ingin mengetahui cara daftar asuransi mobil offline, maka langkah pertama kamu lakukan adalah mencari alamat kantor perusahaan asuransi. Jika sudah menemukan alamatnya, silahkan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi mobil yang ada di kota tempat tinggalmu.

Sedangkan untuk cara daftar asuransi mobil online,caranya kamu bisa mencari alamat website resmi dari perusahaan asuransi. Jika sudah menemukannya kamu cari menu pendaftaran asuransi. Dan silahkan kamu lanjutkan untuk mengisi formulir pendaftaran online dan upload dokumen pendaftaran secara lengkap.