Asuransi Mobil Second

Cara Memilih Asuransi Mobil Second Yang Tepat

Saat membeli mobil baru dan ingin mengasuransikan mobil, kita bisa mendapatkan banyak pilihan asuransi dengan mudah. Tetapi saat membeli mobil second atau bekas dan ingin membeli asuransi, pilihan asuransi yang kamu dapatkan akan lebih terbatas.

Karena itu, padaksempatan kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui cara memilih asuransi mobil second yang tepat. Sehingga kamu bisa lebih memahami produk asuransi mana saja yang cocok untuk dibeli dari mobil second yang telah kamu miliki.

Cara Memilih Asuransi Mobil Second Yang Tepat

Di bawah ini akan kami jelaskan tentang cara memilih asuransi mobil second yang tepat. Sehingga nantinya kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi mobil bekas yang telah kamu miliki saat ini.

Beli Asuransi Berdasarkan Kondisi Mobil

Sebelum kamu memilih asuransi mobil second, kamu harus mengetahui bagaimana kondisi mobil bekas yang telah kamu beli. Karena saat membeli asuransi mobil, pastinya akan ada survey yang akan dilakukan oleh pihak asuransi untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

Jika kondisi mobil bekas yang kamu miliki, kondisi mesin dan kondisi fisik sudah tidak bagus ada 2 kemungkinan. Perusahaan asuransi menolak pengajuan pendaftaran asuransi, atau pihak asuransi menerima pengajuan asuransi tetapi premi asuransi yang harus dibayarkan lebih mahal.

Jadi kondisi fisik mobil bekas yang kamu miliki akan sangat menentukan harga premi asuransi yang kamu beli. Jika harga premi terlalu mahal dan tidak sebanding dengan kondisi mobil yang kamu miliki. Maka kamu harus pertimbangkan baik-baik lagi, apakah membeli asuransi mobil perlu atau tidak.

Pindahkan Nama Polis Asuransi

Saat kamu membeli mobil second oper kredit, maka kamu harus segera mengurus polis asuransi dari mobil tersebut. Agar kamu bisa tetap mendapatkan manfaat dari polis asuransi dari mobil yang diasuransikan dari leasing.

Penggantian atau pemindahan nama polis ini akan sangat bermanfaat saat pengajuan klaim asuransi. Jika tidak segera kamu lakukan penggantian nama polis, maka dapat dipastikan proses klaim tidak bisa kamu lakukan.

Usia Mobil Bekas

Cara memilih asuransi mobil second yang tepat selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah usia mobil bekas yang kamu beli. Karena semakin tua usia mobil yang kamu miliki maka biaya premi asuransi yang harus dibayarkan akan lebih mahal dan jenis asuransi juga sangat terbatas hanya ada pilihan asuransi TLO saja.

Umumnya perusahaan asuransi dengan produk all risk/gabungan/comprehensive menerima hanya mobil dengan usia kurang dari 9 tahun. Sedangkan untuk asuransi total loss only maksimal biasanya usia mobil 10 tahun sampai 15 tahun, jika lebih maka akan dikenakan biaya premi tambahan sebesar 5% sampai 10%.

Wilayah Operasional atau Plat Nomor

Perlu kamu ketahui juga, bahwa premi asuransi mobil selain ditentukan dari harga mobil, usia mobil, plat nomor kendaraan atau wilayah kendaraan beroperasi juga akan mempengaruhi harga premi asuransi yang harus kamu bayarkan.

Jika Kamu membeli mobil bekas dengan plat nomor B dari Jakarta, ada kemungkinan premi asuransi yang harus kamu bayarkan akan lebih mahal. Jadi pastikan kamu membaca artikel tentang Cara Perhitungan Asuransi Mobil.

Sehingga kamu bisa mengetahui persentase atau perkiraan harga premi asuransi yang harus kamu bayarkan berdasarkan harga mobil dan wilayah plat nomor kendaraan. Yang dimana harga tersebut adalah didasarkan dari aturan yang diberlakukan oleh OJK kepada seluruh pihak perusahaan asuransi mobil yang ada di Indonesia.

Resiko yang Tidak Dijamin Asuransi Mobil Second

Jika kamu sudah memahami cara memilih asuransi mobil second yang tepat.Maka kamu harus mengetahui juga beberapa risiko yang tidak dijamin oleh pihak asuransi ketika kamu mengasuransikan mobil second atau bekas yang kamu miliki.

Karena ada beberapa pengecualian yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap mobil yang tertanggung asuransikan. Beberapa risiko yang tidak dijamin pihak asuransi untuk mobil second/bekas adalah sebagai berikut :

  • Kendaraan yang mengalami kerusakan saat dikemudikan oleh orang yang bukan tercantum di dalam polis asuransi
  • Kendaraan pribadi tetapi digunakan untuk mengangkut barang atau muatan yang tidak sesuai dengan spekĀ  yang dimiliki mobil
  • Kerusakan atau kerugian yang disebabkan karena orang lain yang bekerja pada nasabah tertanggung
  • Kerusakan terjadi karena adanya unsur penggelapan mobil
  • Mobil digunakan melebihi muatan
  • Mobil dijalankan saat kondisinya rusak
  • Kendaraan memasuki zona yang dilarang untuk dilewati

Dan pengecualian risiko yang tidak dijamin perusahaan asuransi lainnya yang dicantumkan dengan jelas pada polis asuransi. Pengecualian ini di setiap perusahaan asuransi ada kemungkinan berbeda-beda. Sehingga kamu harus membaca dengan detail dan teliti setiap polis asuransi yang ingin kamu beli.

Jadi itulah tadi yang bisa kami sampaikan tentang cara memilih asuransi mobil second yang tepat untuk kamu yang baru saja membeli mobil bekas. Tetapi kamu ingin langsung mengasuransikan mobilĀ  bekas yang kamu miliki.