Cara Memilih Asuransi Mobil Untuk Pemula

Cara Memilih Asuransi Mobil Untuk Pemula

Apa itu asuransi mobil? Apakah membeli asuransi mobil diperlukan atau tidak? Dan bagaimana cara memilih asuransi mobil untuk pemula? Kamu akan menemukan jawaban pertanyaan tersebut di dalam artikel di bawah ini.

Selama proses menggunakan mobil, kita pastinya tidak tahu dan mungkin tidak bisa menghindari hari apes dalam hidup bahwa kejadian kecelakaan atau tabrakan bisa saja dialami. Baik kecelakaan ringan yang membuat lampu atau bodi mobil memiliki goresan atau penyok. Atau lebih buruk lagi, kerusakan terjadi pada bagian eksternal seperti bagian mesin atau bagian dalam mobil.

Dan untuk membatasi dan meminimalkan kerugian finansial ketika terjadi kerusakan mobil yang disebabkan oleh kecelakaan atau tabrakan adalah dengan cara membeli asuransi mobil.

Namun saat ini ada banyak perusahaan asuransi mobil, harga premi berbeda, jenis asuransi yang berbeda, manfaat yang berbeda sehingga membuat kamu bingung untuk memilihnya. Maka dari itu selain menjelaskan tentang pengertian asuransi mobil. Kami juga akan memberikan informasi tentang cara memilih asuransi mobil.

Apa itu asuransi mobil?

Asuransi mobil adalah salah satu jenis perlindungan saat membeli dan memiliki mobil, terutama untuk mengurangi kerugian akibat kerusakan mobil karena kecelakaan dan tabrakan yang tidak terduga dan tidak disengaja dan mobil hilang karena pencurian.

Tetapi, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi, kamu akan menemukan bahwa ada syarat dan ketentuan yang berlaku, manfaat yang didapatkan, dan harga premi yang berbeda-beda di masing-masing perusahaan asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Seperti disebutkan diatas, asuransi mobil tergantung pada kebijakan dari masing-masing perusahaan asuransi dalam menentukan harga premi asuransi. Dan jenis asuransi juga merupakan hal yang membedakan harga premi asuransi yang harus dibayarkan.

Asuransi All Risk

Jika kamu memiliki mobil baru dengan usia kendaraan maksimal 5 tahun, kami sarankan kamu membeli asuransi all risk. Karena jenis asuransi all risk akan memberikan perlindungan asuransi yang lengkap dari kerusakan ringan dan berat serta termasuk kehilangan mobil.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Sedangkan jenis asuransi mobil TLO lebih cocok digunakan untuk mobil dengan usia lebih dari 10 tahun dan cocok digunakan untuk kamu yang membeli mobil bekas. Untuk perlindungan asuransi Total Loss Only hanya ketika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75% dari harga mobil dan kehilangan mobil. Jika kurang dari persentase kerusakan tersebut, kamu tidak bisa mengklaim asuransi untuk mendapatkan ganti rugi maupun perbaikan.

Selain kedua jenis asuransi utama di atas asuransi All Risk dan Asuransi Total Loss Only, kamu juga bisa menambahkan beberapa perluasan jaminan asuransi seperti :

  • Asuransi Banjir
  • Asuransi tanggung jawab terhadap pihak ketiga
  • Asuransi bencana alam dan kebakaran
  • Asuransi Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang
  • Asuransi pencurian barang dalam kendaraan
  • Dan perluasan asuransi lainnya sesuai dengan kebutuhan

Cara Memilih Asuransi Mobil Untuk Pemula

Biaya atau premi asuransi tentu saja merupakan faktor yang sangat dipertimbangkan banyak orang saat membeli sebuah asuransi.

Biaya premi asuransi murah artinya kualitas layanan yang perlindungan asuransi didapatkan juga sepadan. Tetapi dalam beberapa kasus, jika pelanggan tidak memperhatikan dengan cermat membaca kontrak atau polis asuransi. Terkadang berpikir premi asuransi dibeli sudah murah tetapi kenyataannya mahal.

Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan membeli asuransi dan menerapkan beberapa cara memilih asuransi untuk pemula berikut ini.

Pilih asuransi yang memberikan banyak manfaat

Cara memilih asuransi mobil untuk pemula pertama, sebelum menandatangani atau menyetujui polis asuransi yang ingin dibeli. Pastikan kamu membaca polis asuransi, apakah di dalam polis asuransi manfaat yang kamu dapatkan sesuai dengan yang kamu inginkan atau tidak.

Karena terkadang ada beberapa perusahaan asuransi yang mencantumkan di dalam polis tersebut bahwa penggantian ganti rugi akan diberikan langsung setelah tertanggung melakukan klaim. Dan ada juga perusahaan asuransi yang memberikan penggantian ganti rugi yang dimana biaya perbaikan ditanggung tertanggung terlebih dahulu, kemudian setelah itu baru tertanggung bisa mengklaim ganti rugi perbaikan.

Ada juga perusahaan asuransi yang mengharuskan tertanggung membayar sebagian biaya perbaikan sendiri terlebih dahulu, setelah itu berapa persen sisanya barulah perusahaan asuransi yang menanggungnya.

Jadi pastikan kamu benar-benar mencari syarat dan ketentuan dalam perjanjian polis asuransi tentang hak dan kewajiban, serta tata cara dan proses klaim asuransi yang diberlakukan perusahaan asuransi.

Beli asuransi gabungan/comprehensive/all risk

Jika mobil yang kamu asuransikan adalah mobil baru, maka yang terbaik adalah membeli asuransi all risk/gabungan/comprehensive. Karena dengan membeli jenis asuransi ini kamu akan lebih menghemat biaya perbaikan mobil baik kerusakan ringan atau berat ketika mobil mengalami kecelakaan atau tabrakan.

Selain itu dengan membeli asuransi gabungan di beberapa perusahaan asuransi juga sudah termasuk asuransi banjir, asuransi kecelakaan diri, asuransi tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, asuransi kebakaran, asuransi bencana alam, dan asuransi kerusakan disebabkan karena huru-hara/sabotase/terorisme.

Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran premi asuransi untuk membeli asuransi tambahan lain-lain saat kamu membeli asuransi gabungan.