Cara Mengecek Asuransi Mobil

Cara Mengecek Asuransi Mobil Terbaik Untuk Dibeli

Bagaimana sih cara mengecek asuransi mobil yang terbaik untuk dibeli? Membeli sebuah asuransi akan membantu kita untuk lebih merasa tenang dan aman, karena jika terjadi sebuah musibah maka sudah tercover berkat adanya asuransi.Termasuk asuransi mobil, saat kita memiliki sebuah mobil.

Memiliki asuransi mobil sama pentingnya dengan produk asuransi lainnya. Karena dengan membeli asuransi mobil, kita akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu khawatir saat mobil mengalami kerusakan yang disebabkan kecelakaan ataupun kehilangan mobil.

Karena saat terjadi hal tidak diinginkan tersebut, kerugian yang kita alami akan tercover dengan baik dengan adanya asuransi mobil. Lalu bagaimana cara mengecek asuransi mobil terbaik untuk dibeli?

Pastinya untuk kamu yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam membeli asuransi mobil, memiliki pertanyaan bagaimana cara mengecek asuransi mobil terbaik?Apa saja jenis-jenis asuransi yang bisa dibeli? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan saat membeli asuransi mobil? Jadi untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan dari kami tentang asuransi mobil berikut ini.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Cara mengecek asuransi mobil terbaik bisa kamu ketahui dengan mengetahui jenis-jenis asuransi yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Disini kami akan menjelaskan beberapa jenis-jenis asuransi dan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membeli jenis asuransi tersebut.

1. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah asuransi mobil all risk. Jenis asuransi mobil ini merupakan produk yang menawarkan banyak manfaat yang lengkap dari ganti rugi atau perbaikan kendaraan saat rusak ringan, berat dan kehilangan mobil.

Tapi kelemahan dari jenis asuransi ini adalah tarif premi yang cukup mahal, untuk harga premi asuransi all risk termurah mulai dari Rp 2 jutaan per tahun. Tetapi premi asuransi juga bisa lebih mahal berdasarkan harga mobil, usia kendaran dan faktor lainnya yang ditetapkan oleh pihak asuransi.

Walaupun mahal premi asuransi all risk, tapi bisa dikatakan sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkannya.

2. Asuransi Mobil TLO

Jika kamu ingin membeli asuransi mobil yang murah, biasanya pihak asuransi akan menawarkan produk asuransi Total Loss Only atau TLO. Premi asuransi TLO termurah mulai dari Rp 450 ribu per tahun. Tetapi manfaat yang didapatkan tidak selengkap seperti asuransi all risk.

Karena sesuai dengan namanya total loss only, perusahaan asuransi hanya akan memberi ganti rugi atau perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan total. Kerusakan total disini adalah mobil harus mengalami kerusakan sama dengan atau lebih dari 75% dari harga mobil atau kehilangan mobil. Barulah kamu bisa mengklaim asuransi tlo ke pihak asuransi, jika kurang dari 75% kerusakan, maka kamu tidak bisa klaim asuransi.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Selain kedua jenis asuransi yang disebutkan diatas, kamu juga bisa memilih jenis asuransi gabungan. Asuransi gabungan disini akan memberikan manfaat yang lebih banyak bandingkan tlo dan all risk.

Di produk asuransi gabungan kamu bisa menambahkan perlindungan tambahan yang sudah dipaketkan yaitu tahun pertama menggunakan asuransi all risk dan tahun berikutnya akan otomatis berubah menjadi asuransi tlo. Sehingga kamu akan mendapatkan perlindungan ekstra di tahun pertama dan tentunya jenis asuransi gabungan ada tambahan premi esktra juga.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi mobil perluasan atau dikenal dengan rider. Dimana kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat tambahan dari asuransi utama yang telah kamu beli, baik setelah membeli asuransi tlo ataupun all risk.

Setelah itu, kamu bisa membeli perluasan asuransi seperti bencana alam, asuransi kehilangan benda berharga di dalam mobil, asuransi pihak ketiga, asuransi kebakaran dan lainnya tergantung rider yang ditawarkan pihak asuransi. Tambahan perluasan ini tentunya akan menambahkan premi diluar premi asuransi utama yang kamu beli.

5. Asuransi Mobil Collision Coverage

Asuransi collision coverage ini adalah asuransi mobil yang akan memberikan perlindungan saat pengemudi menabrak. Jadi asuransi ini akan memberikan ganti rugi yang disebabkan karena kecelakaan yang disebabkan pemegang polis.

6. Asuransi Mobil Liability Insurance

Selanjutnya kamu juga bisa membeli asuransi mobil liability insurance yang akan memberikan perlindungan atau jaminan tambahan berupa biaya medis jika pengemudi mengalami cedera dan membutuhkan perawatan medis.

7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Jenis asuransi mobil terakhir adalah personal injury protection yang akan memberikan manfaat perlindungan khusus untuk pengemudi yang mengalami kecelakaan sendiri. Selain akan memberikan kompensasi terhadap insiden yang dialami oleh pengemudi, ada juga perusahaan asuransi yang memberikan kompensasi juga terhadap penumpang.

Cara Mengecek Asuransi Mobil Terbaik Untuk Dibeli

Jadi cara mengecek asuransi mobil terbaik selain dengan mengetahui jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi. Kamu juga harus mengecek beberapa faktor berikut :

  • Apakah pihak asuransi memberikan kemudahan untuk pendaftaran asuransi, seperti memiliki website dan aplikasi.
  • Apakah pihak asuransi memberikan kemudahan proses klaim melalui banyak metode, seperti datang ke kantor, call center telepon, whatsapp, email, website, ataupun klaim melalui aplikasi secara online.
  • Cek review dari perusahaan asuransi mobil di forum, komunitas, atau aplikasi resmi perusahaan asuransi apakah pelanggan banyak yang merasa puas atau tidak.