Cara Mengajukan Asuransi Mobil

Panduan dan Cara Mengajukan Asuransi Mobil

Membeli asuransi mobil merupakan cara terbaik untuk melindungi mobil kamu miliki dari kerusakan akibat kecelakaan dan kehilangan karena pencurian. Panduan di bawah ini akan memudahkan Kamu mengetahui cara mengajukan asuransi mobil sehingga kamu bisa membeli produk asuransi mobil terbaik.

Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang menggabungkan berbagai jenis asuransi untuk orang, kendaraan, dan barang yang diangkut untuk membantu mengkompensasi kerugian finansial yang disebabkan dari kecelakaan atau kehilangan mobil. Membeli asuransi mobil memang bukan kewajiban, tetapi asuransi mobil adalah bentuk perlindungan penting yang harus dipertimbangkan pemilik mobil.

Cara mengajukan asuransi mobil sebenarnya tahapannya sangat mudah, kamu membeli asuransi, menandatangani kontrak asuransi/polis asuransi, dan kamu membayar premi asuransi. Bagaimana sangat mudah bukan cara mengajukan asuransi mobil.

Panduan dan Cara Mengajukan Asuransi Mobil

Tetapi untuk lebih jelasnya, silahkan kamu simak cara mengajukan asuransi mobil dengan 5 langkah yang harus kamu tempuh di bawah ini.

Langkah 1: Pilih perusahaan asuransi mobil yang bereputasi baik

Dalam tahapan cara mengajukan asuransi mobil yang pertama harus kamu lakukan adalah memilih perusahaan asuransi terkemuka untuk mendapatkan dukungan fasilitas dan layanan terbaik.

Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat informasi lebih lanjut di internet, minta saran teman yang pernah membeli asuransi mobil, temukan agen atau mitra asuransi yang memiliki reputasi baik untuk  mendapatkan saran perusahaan asuransi mobil terbaik.

Langkah 2: Hubungi perusahaan asuransi untuk meminta saran

Setelah memilih perusahaan asuransi yang menurutkmu terbaik dan memiliki produk asuransi yang sesuai kebutuhan.Kamu harus menghubungi perusahaan asuransi secara langsung untuk mendapatkan saran tentang produk asuransi mobil, tarif premi asuransi, manfaat asuransi dan pengecualian asuransi.

Tergantung pada kondisi kendaraan atau mobil yang kamu miliki, perusahaan asuransi akan memerlukan survery untuk melakukan penilaian kendaraan untuk mendapatkan penilaian akhir tentang harga premi yang harus kamu bayarkan nantinya.

Langkah 3: Siapkan dokumen pendaftaran

Langkah selanjutnya dalam cara mengajukan asuransi mobil yang harus kamu siapkan adalah dokumen untuk pendaftaran. Untuk pendaftaran atau pengajuan asuransi mobil baru, kamu memerlukan dokumen seperti :

  • Formulir Pendaftaran
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • KTP
  • Faktur pembelian dan penjualan mobil (jika mobil baru masih belum memiliki STNK)
  • Surat-surat penilaian kendaraan dari hasil survey pihak asuransi. Surat penilaian ini akan menentukan nilai mobil sebelum menerbitkan polis asuransi (berlaku untuk mobil yang diasuransikan pertama kali).

Langkah 4: Menandatangani kontrak/polis

Pemilik harus mobil mengisi dan menandatangani formulir kontrak atau polis asuransi dari perusahaan asuransi (formulir dari perusahaan asuransi). Informasi dasar yang harus diberikan adalah sebagai berikut:

Nama lengkap pemilik kendaraan, plat kendali kendaraan, pabrikan kendaraan, jenis kendaraan, model, tahun pembuatan, nomor rangka dan mesin, kapasitas silinder, berat kendaraan, jumlah kursi, tujuan penggunaan kendaraan, dan produk asuransi  yang ingin dibeli.

Langkah 5: Pelanggan mentransfer pembayaran premi dan menyimpan 1 salinan polis asuransi

Setelah menandatangani kontrak/polis asuransi, kamu harus segra membayar premi asuransi sesuai kesepakatan dalam kontrak. Pihak asuransi akan memberi Kamu sertifikat asuransi, polis, dan faktur setelah proses pembayaran premi berhasil dilakukan.

Untuk menerapkan panduan dan caramengajuan asuransi mobil di atas, saat ini kamu bisa menggunakan 2 metode yaitu offline dan online.

Jika kamu ingin melakukan cara mengajukan asuransi mobil online, maka kamu harus memastikan bahwa  perusahaan yang kamu pilih memiliki website resmi atau aplikasi online. Sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan pendaftaran atau pengajuan asuransi mobil online.

Jika perusahaan asuransi yang kamu pilih tidak memiliki fasilitas pendaftaran dan pengajuan asuransi mobil online. Maka kamu harus datang ke kantor pusat atau kantor cabang perusahaan asuransi di kota tempat tinggalmu.

Berapa Biaya Premi Asuransi Mobil?

Biaya premi asuransi mobil untuk setiap jenis mobil akan bervariasi dan tergantung pada usia mobil, jenis mobil, harga mobil, kondisi dan persyaratan dari pihak asuransi.

Semakin tinggi harga mobil dan semakin tua usia mobil, maka akan semakin tinggi premi asuransi yang dibayarkan. Sebaliknya jika kamu memiliki mobil baru dan mobil harga murah, makapremi asuransi akan kecil.

Selain itu, biaya premi asuransi juga tergantung pada faktor-faktor lain seperti jumlah kendaraan yang berpartisipasi dalam asuransi, produk asuransi yang dipilih, tambahan perluasan jaminan, dan faktor lainnya.

 

Jadi jika kamu bertanya berapa biaya premi asuransi untuk mobil yang kamu miliki, tidak ada ukuran pasti biayanya berapa yang harus dibayarkan. Jadi, saran terbaik untuk mengetahui premi asuransi kamu harus konsultasikan langsung ke pihak asuransi saat menerapkan cara mengajukan asuransi  mobil di atas.

Jika Kamu berencana untuk membeli asuransi mobil,kami sarankan Kamu harus melakukan konsultasi dengan banyak perusahaan asuransi yang berbeda-beda. Sehingga kamu dapat membandingkan premi, manfaat asuransi, proses klaim dan faktor lainnya. Sehingga kamu akan mendapatkan perusahaan dan produk asuransi terbaik dan paling tepat dengan yang kamu butuhkan.