Perpanjang Asuransi Mobil, Beginilah Caranya!

Perpanjang Asuransi MobilBagi yang sudah memiliki asuransi mobil, dan lupa membaca polis asuransi. Sekarang sedang bingung dan ingin mengetahui cara perpanjang asuransi mobil bagaimana caranya? Kami disini akan menjelaskan informasi ringkas tentang cara perpanjang asuransi mobil dan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Setelah Kita membeli sebuah asuransi mobil, pastinya kita akan mendapatkan polis. Dan polis yang kita terima tersebut memiliki masa berlaku. Setiap polis asuransi yang kita beli akan memiliki masa berlaku yang berbeda-beda. Tetapi, umumnya asuransi mobil memiliki masa berlaku satu periode satu tahun. Sehingga setelah satu tahun, maka kita harus memperpanjang masa berlaku polis asuransi yang kita miliki. Lalu bagaimana cara perpanjang asuransi mobil yang habis masa berlakunya?

Cara Perpanjang Asuransi Mobil Yang Habis Masa Berlakunya

Umumnya cara perpanjang asuransi mobil yang habis masa berlakunya ada metode yang digunakan. Yaitu perpanjang asuransi mobil otomatis atau manual. Perpanjangan masa berlaku asuransi mobil ini tergantung dari perusahaan asuransi mobil yang kita beli. Karena berbeda perusahaan asuransi mobil, biasanya sistem perpanjangan asuransi mobil akan berbeda-beda.

Perpanjang Asuransi Mobil Otomatis

Jika perusahaan asuransi yang kita beli menerapkan sistem perpanjang asuransi mobil otomatis. Maka secara otomatis asuransi akan diperpanjang dengan menggunakan sistem auto debit rekening yang terhubung dengan pihak asuransi.

Jadi saat masa berlaku asuransi habis, uang yang terdapat pada rekening yang dicantumkan pada sistem auto debit perpanjang asuransi akan terpotong. Dan jika dalam saldo rekening tidak ada saldo senilai nominal perpanjang asuransi.

Maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari pihak asuransi baik melalui email, telepon, whatsapp untuk segera melakukan pengisian saldo rekening agar pembayaran perpanjang asuransi mobil otomatis bisa dilakukan.

Jadi jika kita tidak mengkonfirmasi berhenti berlangganan asuransi sebelum masa berlaku asuransi habis. Maka premi perpanjang asuransi dan biaya keterlambatan pembayaran akan ditagih pihak asuransi.

Perpanjang Asuransi Mobil Manual

Untuk perpanjang asuransi mobil manual, artinya saat masa berlaku asuransi habis. Kita harus melakukan pembayaran perpanjang asuransi secara manual dan harus mengingat kapan masa berlaku asuransi akan habis.

Tetapi biasanya perusahaan asuransi akan menginformasikan kepada klien sebelum masa berlaku asuransi habis melalui telepon, sms, whatsapp atau email. Sehingga jika kamu terlambat membayar asuransi setelah masa berlaku habis, kamu dianggap sudah tidak berlangganan asuransi tersebut.

Dan jika terjadi klaim setelah masa berlaku habis, hal tersebut pastinya akan ditolak oleh pihak asuransi. Karena kamu sudah dinyatakan berhenti membeli asuransi.

Faktor Penting Diketahui Saat Perpanjang Asuransi Mobil

Saat kamu ingin melakukan perpanjang asuransi mobil, ada beberapa hal dan faktor penting yang harus kamu ketahui, seperti :

1. Cek Sistem Perpanjang Asuransi

Sebelum membeli sebuah asuransi, pastikan kamu membaca polis asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Di dalam polis asuransi tersebut akan tercantum dengan jelas sistem perpanjang asuransi.

Umumnya perusahaan asuransi mobil akan memberlakukan sistem perpanjang asuransi otomatis di tahun kedua. Setelah itu, tahun berikutnya kamu harus melakukan perpanjang asuransi dengan sistem manual.

2. Harga Premi Perpanjang Asuransi

Sebelum membeli asuransi, kamu juga harus menanyakan ke agen asuransi atau pihak asuransi tentang harga premi perpanjang asuransi. Apakah akan ada perbedaan harga premi asuransi di setiap periodenya atau tidak.

3. Selalu Pastikan Saldo Rekening Cukup

Ketika kamu menggunakan sistem perpanjang asuransi mobil otomatis, maka kamu harus selalu menyediakan saldo di rekening sesuai dengan total premi asuransi mobil yang kamu beli.

Sehingga saat masa berlaku asuransi habis, maka pihak asuransi bisa dengan mudah melakukan sistem auto debet ke rekening bank yang kamu daftarkan ke pihak asuransi.

4. Selalu Cek Masa Berlaku Polis Asuransi

Saat kamu ingin menjual mobil yang kamu asuransikan, pastikan kamu mengetahui kapan waktu kamu akan menjual mobil. Karena jika proses penjualan mobil akan dilakukan dalam waktu dekat dengan waktu habis masa berlaku asuransi. Sebaiknya kamu segera mengkonfirmasi ke pihak asuransi untuk berhenti perpanjang asuransi.

5. Mobil Sudah Terjual, Segera Menutup Polis

Ada banyak kasus pemilik mobil menjual mobil tetapi masih memiliki asuransi dan tidak segera melakukan penutupan polis. Akibatnya jika dibiarkan, dengan sistem perpanjangan asuransi mobil otomatis, saat masa berlaku polis habis. Otomatis akan autodebet, padahal mobil sudah tidak ada.

Jadi pastikan setelah berhasil menjual mobil, kamu harus menutup polis asuransi. Karena jika tidak secara otomatis saat masa berlaku habis maka saldo rekening kamu akan dipotong pihak asuransi secara autodebet.

Akhir Kata

Melakukan perpanjang asuransi mobil pastinya akan membuat kita akan selalu merasa aman terhadap risiko kerugian yang bisa terjadi. Tetapi jika kurang memahami tentang sistem perpanjang asuransi mobil, juga akan membuat kamu mengalami kerugian yang disebabkan kesalahan sendiri.